Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuhu,
Ahlan wa sahlan, selamat datang di blog Toko Buku An-Naajiyah. Kunjungi toko kami di jln. Bangka Raya no D3-4, Perumnas 3 Bekasi. Dapatkan discount-discountnya. Atau dapat dipesan dengan mengontak kami di +6281219112152, +622170736246, E-mail gwsantri@gmail.com, maka barang akan dikirim ketempat tujuan setelah dikurangi discount dan ditambahkan ongkos kirim yang ditanggung oleh si pemesan. Kunjungi juga toko online kami di www.tb-an-naajiyah.dinomarket.com.

Pembayaran:
1. Bank Syariah Mandiri cabang Bekasi, no 7000739248, kode ATM Bersama 451, a.n Gusti Wijaya Santri.
2. Bank Muamalat cabang Kalimas Bekasi, no 0218913136, kode ATM Bersama 147, a.n Gusti Wijaya Santri

Pengiriman pesanan menggunakan JNE/Pos Indonesia/Indah Cargo/Pahala Kencana/jasa pengiriman yang disepakati.

Semoga kehadiran toko dan blog ini dapat memberikan manfa'at untuk Saya khususnya dan semua pengunjung pada umumnya.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuhu

Banner

Senin, 17 Januari 2011

Apa hukum berwudhu di kamar mandi yang ada WC-nya? Bagaimana dengan bacaan basmalahnya?

Hits:

So'al:
Apa hukum berwudhu di kamar mandi yang ada WC-nya? Bagaimana dengan bacaan basmalahnya?

Jawab:
Diperbolehkan berwudhu di kamar mandi yang ada WC-nya dengan dalil hadist 'Aisyah dalam shohih Muslim 1/253: "Bahwasanya Rosulullah Shollallahu 'Alaihi wa Sallam jika mandi janabah memulai dengan membasuh kedua tangannya lalu menuangkan dengan tangan kanannya ke tangan kirinya dan membasuh kemaluannya kemudian wudhu seperti wudhunya untuk sholat...". Di dalam hadist ini Rosulullah istinja' sebelum berwudhu yang menunjukan bahwa dibolehkan berwudhu di dalam tempat buang hajat. Tentang bacaan basmalah maka Rosulullah memerintahkan untuk membaca basmalah sebelum berwudhu dimanapun berada sebagaimana dalam sabdanya: "Tidak sempurna wudhu seseorang yang tidak disebutkan nama Allah Subhana wa Ta'ala padanya". (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan yang lainnya. Lihat Shohihul Jami':7444)
Al-Imam Bukhori di dalam Shohinya 1/343 membawakan riwayat dari Ibrohim an-Nakho'i bahwa dia berkata: "Tidak apa-apa membaca Al-Qur'an (termasuk basmalah) di hammam (kamar mandi/WC)

(Disalin ulang dari kitab Sudah Benarkah Sholat Kita karya Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah terbitan Majelis Ilmu)