Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuhu,
Ahlan wa sahlan, selamat datang di blog Toko Buku An-Naajiyah. Kunjungi toko kami di jln. Bangka Raya no D3-4, Perumnas 3 Bekasi. Dapatkan discount-discountnya. Atau dapat dipesan dengan mengontak kami di +6281219112152, +622170736246, E-mail gwsantri@gmail.com, maka barang akan dikirim ketempat tujuan setelah dikurangi discount dan ditambahkan ongkos kirim yang ditanggung oleh si pemesan. Kunjungi juga toko online kami di www.tb-an-naajiyah.dinomarket.com.

Pembayaran:
1. Bank Syariah Mandiri cabang Bekasi, no 7000739248, kode ATM Bersama 451, a.n Gusti Wijaya Santri.
2. Bank Muamalat cabang Kalimas Bekasi, no 0218913136, kode ATM Bersama 147, a.n Gusti Wijaya Santri

Pengiriman pesanan menggunakan JNE/Pos Indonesia/Indah Cargo/Pahala Kencana/jasa pengiriman yang disepakati.

Semoga kehadiran toko dan blog ini dapat memberikan manfa'at untuk Saya khususnya dan semua pengunjung pada umumnya.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuhu

Banner

Rabu, 27 Maret 2013

Sosok Malaikat Tertangkap CCTV, Benarkah Berita Itu?

Hits:

Soal:
Assalamu'alaikum.
Saya Baca berita bahwa di masjid Nabawi pada Jum'at, tepatnya hari Jum'at, tanggal 7 Desember 2012 lalu telah tertangkap oleh kamera CCTV ada sosok putih yang diduga malaikat sedang mendengarkan khutbah. Meskipun banyak dugaan, saya bertanya:
a. Benarkah di hari Jum'at, malaikat berada di pintu masjid mencatat jamaah yang masuk?
b. Benarkah ada dalil yang menerangkan bahwa malaikat juga mendengarkan khutbah Jum'at?
c. Mungkinkah malaikat bisa terlihat oleh seorang Mukmin?

Syukran atas jawaban ustadz.
Elyardi,
Kuansing, Riau
628136579xxxx

Jawab:
Bapak Elyardi yang terhormat, memang benar bahwa sebelum shalat Jum'at malaikat mencatat orang-orang yang masuk ke masjid, kemudian ikut mendengarkan khutbah. Dalilnya adalah hadits berikut, artinya :
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Pada hari Jum'at, sisetiap pintu masjid ada malaikat yang mencatat orang yang akan shalat satu persatu. Jika imam sudah duduk, mereka melipat lembar catatan dan datang mendengarkan peringatan." (HR. al-Bukhari no. 3039 dan Muslim no. 850)

Malaikat dalam bentuk aslinya tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Dikalangan umat Islam, hanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam yang pernah melihat malaikat dalam wujud aslinya. Adapun jika malaikat menampakan diri dalam bentuk manusia, semua orang bisa melihat. Dalil dari al-Quran dan hadits menjelaskan bahwa malaikat berwujud manusia pernah mendatangi Nabi Ibrahim 'Alaihissalam, Nabi Luth, Maryam dan juga Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam dan para shahabat saat Jibril 'Alaihissalam akan mengajarkan tentang arti iman, islam dan ihsan. Masih ada lagi kisah-kisah yang lain.

Adapun berita heboh tentang malaikat yang tertangkap kamera di masjid Nabawi, menurut Kepala Humas Masjid Nabawi, Abdul Wahid al-Haththab bahwa gambar itu hanyalah permainan montasye (teknik editing film) belaka, tidak lebih dari itu. (Surat Kabar Okaz edisi 4.194)

Secara logika bisa kita katakan, jika yang tampak adalah malaikat dalam bentuk aslinya, tentunya wujudnya tidak seperti itu, karena malaikat memiliki fisik yang sangat besar dan Jibril memiliki enam ratus sayap sehingga bisa menutupi ufuk timur. Jika dia adalah malaikat yang tampak dalam wujud manusia, maka penampakan ini menyelisihi penampakan-penampakan yang dijelaskan dalam ayat dan hadits, dimana disebutkan bahwa penampilan para malaikat persis dengan penampilan manusia biasa, sehingga orang-orang yang menemui mereka tidak tahu bahwa mereka adalah malaikat. Wallahu A'lam.

Sumber: Majalah As-Sunnah no 12/THN.XVI